SHARE

 

Camilan zaman dulu alias ‘jadul’ ini memang banyak disukai karena rasanya yang manis dan lembut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa begitu menyukai makanan tradisional tersebut. Biasanya, rambut nenek disantap sebagai isian setangkup wafer renyah yang selain menambah tekstur ketika disantap juga meminimalisir rasa manis dari gulalinya.
Jenis-jenis gulali pun beragam seperti gulali rambut nenek, gulali gula pasir, gulali gula jawa hingga gulali arum manis atau yang juga dikenal dengan . , di resep masakan kali ini akan merekomendasikan cara membuat gulali rambut nenek ala rumahan yang bisa disajikan untuk camilan keluarga.

Bahan-bahan:
– 500 gr gula pasir
– 120 ml air atau secukupnya
– 1/2 buah lemon, ambil airnya
– Pewarna makanan, sesuai selera
– Minyak goreng
– Tepung terigu, secukupnya
– Daun pandan, secukupnya

Cara membuat:
1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigu dan lembaran daun pandan, kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berubah warna sedikit kecokelatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai ke atas wadah lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan sampai suhunya menurun.
3. Sambil menunggu suhu tepung terigu turun, lanjutkan dengan membuat adonan gulali di wadah terpisah. Campurkan gula pasir, air, perasan lemon dan pewarna ke dalam wajan. Kemudian panaskan dengan api sedang hingga mendidih (tidak perlu diaduk agar gula tidak gosong). Angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga mengental dan mulai mengeras.
4. Lalu ambil adonan sedikit demi sedikit sambil dibentuk. Cara membentuknya, pertama-tama ambil adonan gulali lalu bentuk lingkaran layaknya donat yang bolong di tengah, kemudian tarik dan lipat membentuk angka 8 sambil digulingkan di atas tepung sangrai. Lanjutkan proses hingga adonan menjadi serat-serta halus layaknya helaian rambut.
5. Jika semua adonan gulali sudah habis, kamu bisa langsung menyantapnya atau menikmatinya sebagai isian wafer renyah.

Baca Juga  Sudah Coba Rasanya Es Gronjongan Majapahit?

 

Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/@kumparanfood/resep-masakan-gulali-rambut-nenek-untuk-camilan-keluarga-1540987955290159866

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here