SHARE

Mojokerto, Jawa Timur memiliki warisan budaya tak ternilai, salah satunya sisa peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di Desa Trowulan.

Situs Trowulan memiliki luas hampir 100km2. Dengan lahan seluas itu, Situs Trowulan di Mojokerto memiliki beberapa candi seperti Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, dan Candi Kedaton. Tidak hanya candi-candi, terdapat juga kolam segaran, makam permaisuri Brawijaya, pendopo Majapahit dan makam Syeikh Junaidul Qubro.

Selain itu yang menjadi pusat perhatian adalah patung Sleeping Buddha. Patung Sleeping Buddha memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung itu menjadi patung Sleeping Buddha terbesar di Indonesia.

Baca Juga  Nasi Bumbung, Makanan Khas dari Begagan Limo Mojokerto

Mengutip berbagai sumber, ditulis Selasa (3/9/2019), setiap daerah wisata di Situs Trowulan dikenakan biaya masuk yang bervariatif dari harga Rp 2.500.

Untuk menikmati tempat- tempat wisata yang di Situs Purbakala Trowulan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi mengingat jarak dari satu tempat ke tempat lainnya cukup jauh.

Akan tetapi, jika tidak membawa kendaraan pribadi maka bisa menyewa ojek yang ada di sekitaran Situs Purbakala Trowulan. Situs Trowulan di Mojokerto menjadi tempat yang cocok untuk berekreasi sambil belajar tentang sejarah.

 

Sumber berita:

https://surabaya.liputan6.com/read/4053045/trowulan-situs-sejarah-mojokerto-yang-edukatif-dan-menghibur?source=search

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here