SHARE

“Waktunya memanjakan keluarga”, tulis sebuah status di FB seorang teman. Wah rupanya teman tersebut sudah mulai mempersiapkan sebuah acara untuk bersenang-senang bersama keluarga, setelah sepekan atau bahkan sebulan terakhir sibuk dengan pekerjaan.

Liburan di akhir pekan bersama keluarga sangat dibutuhkan untuk “refreshing”. Liburan akhir pekan bersama keluarga tidak harus mahal, karena bisa dilakukan di mana saja, yang penting ada kegiatan santai di luar keseharian yang dilakukan atas “kesepakatan” bersama, artinya tidak ada salah satu anggota keluarga yang merasa “terpaksa” mengikuti kegiatan tersebut.

Banyak pilihan tempat rekreasi di Jawa Timur. Sampai saat ini Kota Batu masih menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga karena daerahnya berhawa sejuk. Namun, sebenarnya warga Jawa Timur masih mempunyai banyak lokasi wisata berhawa sejuk dan tak kalah indahnya panorama yang disuguhkan oleh alam semesta itu. Salah satunya adalah daerah wisata di Puncak Trawas, Mojokerto atau sekitar satu setengah jam perjalanan dengan mobil dari Surabaya.

Untuk menuju ke lokasi bisa ditempuh dari Surabaya melalui Kecamatan Mojosari atau dari Kecamatan Pandaan. Lokasi yang diapit Gunung Panderman dan Gunung Welirang itu akan membuat para pecinta alam berdecak kagum atas keindahan yang diciptakan Tuhan itu. Banyak rumah mewah atau vila yang disewakan dengan harga murah dengan berbagai sarana olahraga yang bisa dinikmati, seperti kolam renang, berkuda dan lainnya. “Wow…asyiknya, kita seakan memasuki ‘perut’ gunung,” kata Arief Sugiarto, yang sedang menikmati liburan bersama keluarga, saat memasuki pintu gerbang Komplek Vila Puncak Trawas.

Deretan cemara lilin yang menghias rapi di sepanjang jalan masuk menuju komplek puluhan vila itu seakan siap menyambut kedatangan pengunjung yang akan menikmati liburan di daerah tersebut. “Rata-rata vila di daerah itu memiliki lahan seluas 1.200 sampai 1.600 meter persegi dan dilengkapi dengan tiga sampai empat kamar tidur dan peralatan dapur komplit,” kata Sugiarto.

Baca Juga  Joglo Park Pacet, Wisata Outbound Mojokerto yang Asyik!

Bahkan, untuk menjamin agar para tamu tidak merasa takut “kelaparan” di lingkungan vila, banayk penjual sate, bakso atau jagung bakar. “Wah enak ya,” kata Ny. Aminah yang mendengar cerita Sugiarto itu.

Fasilitas Kolam Renang Wisatawan yang berkunjung ke lokasi vila di Komplek Puncak Trawas ternyata dimanjakan dengan adanya fasilitas kolam renang. Lokasi kolam yang cukup dekat dengan tempat itu membuat pengujung merasa betah berlama-lama tinggal di lingkungan vila tersebut.

Menurut Sugiarto, pengunjung vila tersebut mendapat menikmati fasilitas untuk masuk kolam renang dengan harga tiket masuk kolam renang itu untuk umum rata-rata Rp15 ribu per orang. Bila ada yang menghendaki naik kuda untuk berkelililing vila juga tersedia. Setiap orang hanya dikenai biaya Rp50 ribu untuk berkelililng sekitar 30 menit.

Suasana berlibur lebih menyenangkan, karena para pedagang buah-buahan dan makanan khas Kota Trawas banyak dijajakan di daerah itu. Mulai dari pisang hijau, jambu dan papaya serta talas dan ketela rambat yang dijajakan para pedagang siap dibawa pulang untuk buah tangan setelah menikmati liburan. Bagi calon wisatawan yang ingin mengadakan pertemuan keluarga, tunggu apalagi, mau “beli” vila untuk kegiatan semalam bersama keluarga atau mau pilih-pilih lokasi lain? yang penting bisa membuat hati keluarga senang, meningkatkan jalinan komunikasi dengan keluarga sekaligus bisa menikmati keindahan alam ciptaanNya.

Sumber Berita :
https://jatim.antaranews.com/berita/119245/refreshing-di-puncak-trawas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here