SHARE

Mojokerto kini memiliki patung Mahapatih Gajah Mada yang terbesar dan tertinggi di Indonesia. Kini, proses pembangunannya sudah rampung dan tinggal finishing saja.

Informasi yang dihimpun tim mojokertobanget.com, progres pembangunan arca itu sudah mencapai 95 persen, tinggal memberi lapisan agar lebih terlibat indah dan artistik. Setelah itu, rencananya patung akan diritual sebelum diresmikan pada tahun 2020.

Patung itu dibangun oleh Mulyono, pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit, Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto. Proses pembangunannya dimulai sejak tahun 2016 dengan menggunakan dana mandiri.

Kata Mulyono, sekarang pembangunannya sudah rampung, tinggal finishing saja. Dan sebelumnya akan dilakukan prosesi ritual oleh para Raja Nusantara pada bulan Desember 2019.

“Ini sudah selesai, tinggal melapisi saja. Setelah itu, nanti di tanggal 8 Desember akan dilakukan semacam ritual oleh para Raja Nusantara, kemudian dibungkus kain warna kuning,” ungkapnya.

Dalam proses ritual itu, kata Mulyono, Patung Maha Patih Gajah Mada ini akan dibungkus kain warna kuning hingga peresmian yang direncanakan pada bulan Mei 2020. “Ini patung Maha Patih Gajah Mada terbesar se Indonesia. Para Raja Nusantara ingin yang meresmikan pak Presiden. Rencananya sin tangal 26 Mei 2020,” tambahnya.

Baca Juga  Indahnya "Refreshing" bersama keluarga di Puncak Trawas

Sementara patung Maha Patih Gajah Mada yang dibangun di depan Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit ini memiliki kontruksi 32 meter. Dimulai dari pondasi 9 meter, Tumpuan arca 6 meter dan patung berdiri 17 meter.

“Semua itu sesuai proses ritual, yang artinya 9 itu adalah angka baik, 6 itu mendakan keimanan sesuai rukun iman dan 17 itu sesuai dengan jumlah rokaat shalat,” terangnya.

Mulyono juga berharap, dengan selesainya pembangunan Patung Maha Patih Gajah Mada di Mojokerto. Selain menjadi ikon sejarah kerajaan Majapahit, juga bisa membawa kebaikan bagi semua masyarakat.(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here